Tradisi dan Sosial Dalam Busana Muslim

Posted on

Kalau kita tengok sejarah penggunaan busana muslim di indonesia memang unik. Ada banyak pergeseran budaya dan tradisi terkait dengan trend busana dan baju muslim. Arahnya semakin baik dan lebih longgar. Hal itu sejalan dengan bandul sosial yang makin terbuka. Makin berkurangnya restriksi dan larangan-larangan kepada komunitas muslim.

Dahulu kaum hawa yang menggunakan kerudung atau jilbab sering dibilang kolot karena model baju muslim dan kerudung yang mereka pakai tidak asik di pandang dan terlihat ketinggalan jaman. Beda dengan sekarang dengan berubahnya jaman yang juga semakin berkembang, design gamis pun juga ikut berubah. Kini wanita wanita muslimah bisa berganti-ganti model kerudung atau hijab yang pas dengan selera fashionnya dan pas dengan perubahan zaman. Perempuan muslimah yang menggunakan jilbab atau berhijab sekarang akan makin kelihatan trendy dalam berhijab dan semakin cantik dengan baju muslimah atau aksesorinya karena kini model hijab yang dapat mereka pilih semakin beraneka ragam, dari yang sangat simple sampai yang model baju gamis modern bergaya muter-muter dengan metode penggunaan yang ribet ala akunpuntur karena memakai jarum juga ada.

Jilbab dan hijab merupakan alat untuk menjaga aurat kaum wanita muslimah agar mereka terjaga dari bahaya, seperti yang gamblang dijelaskan di kitab Al Quran. Dulu kala, budaya penggunaan jilbab sangat dipengaruhi oleh warna budaya masing-masing daerah, wilayah dan negara.

Indonesia memang unik. Meskipun yang muslim sangat dominan tapi warga negara Indonesia masih sangat jarang yang memakai jilbab atau kerudung kecuali ibu-ibu tua yang sudah beruban. Dikarenakan mungkin bagi mereka menggunakan jilbab dianggap masih kampungan atau tidak bisa mengikuti gaya fashion.

Seiring perkembangan gaya busana hijab dan fenomena baju muslim pun makin berubah dan bahkan kini muncul designer baru gaya busana muslim yang kondang. Ada yang awal debut sebagai perancang busana muslim ada yang hijrah dari desainer konven ke perancang hijab.
Efek positifnya hijab makin digemari. Karena tidak ada lagi anggapan menggunakan hijab membuat penampilan kuno.

Bahkan kini fashion baju gamis terbaru sedang naik daun, contohnya ada berbagai macam fashion show kondang yang bernuansa syari dan cerdas bahkan juga banyak seleb muda dan artis kawakan yang juga mengenakan hijab namun juga nampak sangat modis.

Fenomena yang ditampilkan oleh kalangan jetset dan selebritis itu kini dijadikan inspirasi dikalangan muslimah di Indonesia. Dengan mengenakan hijab sekarang ngga perlu lagi minder atau kurang pede lagi. Disamping bahwa itu adalah kewajiban bagi muslimah. Sekarang mengenakan baju muslim yang tertutup pun tetap bisa trendy dan modis.

Berbeda sekali dengan jaman dulu, karena sekarang sudah semakin banyak desainer hijab di Indonesia.

Ole karena itu sekarang banyak model hijab yang sesuai dengan trend, dan akhirnya mewujud menjadi trend setter baju muslimah.
Berbagai model hijab yang kerap dipakai antara lain adalah jilbab segiempat, gamis kelelawar, atau ada pula jilbab lengan yang praktis langsung pakai. Banyaknya pilihan hijab tersebut makin membuat mudah muslimah ketika memilih pilihan yang paling sesuai dalam kesehariannya.

Indonesia juga kini menjadi negara penentu mode hijab bukan hanya sebatas untuk dalam negeri saja tapi juga hingga keluar negeri dan manca negara. Hal tersebut dikarenakan sekarang sangat banyak insan mode hijab Indonesia sehingga mampu menghasilkan trend-trend busana muslimah yang baru.

Semoga pada akhirnya negeri kita bisa menjadi kiblat busana muslim di seluruh dunia khususnya di wilayah asia. Yang imbasnya akan berujung pada naiknya perekonomian negara kita.

busana muslim indonesia