3Hal Yang Harus Diterapkan Saat Sudah Berumah Tangga

Posted on


Ketika ingin menuju pernikahan ada beberapa komitmen atau janji yang dibuat oleh kalian berdua. Entah itu masalah dengan anak atau hubungan untuk keduanya. Sebelum menikah alngkah baiknya kalian mengobrol tentang rumah tangga yang akan dibangun. Jika memiliki visi dan misi yang sama untuk berumah tangga berarti akan memperkecil adanya masalah. Sebuah pernikahan bukanlah hal yang dianggap sepele. Selain biaya yang dikelaurkan sangat banyak, kamu dan dia juga sudah berjanji kepada orang tua dan tuhan yang maha esa. Jangan ada kata berpisah atau perceraian diantara rumah tangga kalain karena akan banyak merasa dirugikan. Perceraian memang di bolehkan akan tetapi sangat dibenci oleh tuhan. Maka, sebelum menuju ke pernikahan kamu harus benar-benar yakin dengan pilihanmu dan yakin dengan pernikahanmu akan selamanya.

Sebuah pernikahan memang merupakan momen yang sangat bahagia akan tetapi setelah menjadi rumah tangga banyak cobaan yang akan datang. Setelah kamu memutuskan untuk memakai cincin emas kawin alias berumah tangga Anda harus tahu tanggung jawab dan konsekuensi nya. Jika sudah berumah tangga jadilah istri yang baik kepada suaminya. Cincin kawin yang kamu pakai bukanlah hanya untuk pamer bahwa kamu sudah menikah. Akan tetapi cincin kawin tersebut merupakan amanah dan tanggung jawab yang sangat besar. Sebelum Anda menikah alngkah baiknya kalian berdua menerapkan hal dibawah ini.

1. Selalu berkomitmen jika ada masalah diselesaikan dengan cara baik

Sebuah rumah tangga yang utuh pasti keduanya bisa melewati cobaan. Jika memang ada masalah lebih baik di selesaikan dengan cara berdiskusi dan jangan sampai dengan cara berantem apalagi kabur dari rumah. Setiap masalah yang datang anggap merupakan ujian bagi rumah tangga yang kalain bangun. Setiap masalah yang datang justru akan menguatkan cinta kalian. Jika rumah tangga kalian berkomitmen seperti ini, pasti setiap masalah yang kalian hadapi akan mudah dilewati. Saling menguatkan dalam setiap masalah merupakan contoh harmonis dalam berkeluarga. Jangan jadikan masalah tersebut menjadi beban yang sangat berat.

2. Saling mengingatkan jika melakukan kesalahan

Setiap manusia tidaklah luput dari kesalahan. Apalagi jika baru memulai berumah tangga. Tentu sebagai suami kamu ingin memberikan yang terbaik kepada istri. Begitu juga sebaliknya dengan istri. Tugasnya istri harus melayani suami sebaik mungkin. Misalnya kamu harus menyiapkan segala keperluan sang suami baik itu menyiapakan keperluan pekerjaan atau yang lainnya. Jika memang melakukan kesalahan lebih baik saling memaafkan. Jangan jadikan kesalahan tersebut untuk balas dendam karena sebelumnya kamu sakit hati dengan istri. Ingat, sebuah pernikahan tidaklah sama dengan waktu pacaran. Mungkin waktu pacaran kamu bisa saling marah-marah dan ngambek secara berlebihan akan tetapi jika sudah memasuki pernikahan semuanya harus kamu singkirkan. Jaga baik-baik cincin nikah kalian seperti menjaga diri kalian masing-masing.

3. Hindari membahas masa lalu 

Masa lalu yang sudah menjadi kenangan jangan pernah dibahas lagi. Lebih baik masa lalu kamu anggap sebagai pelajaran yang bisa membuatmu menjadi lebih baik untuk menata rumah tangga di masa yang akan datang. Membahas masa lalu akan membuat percakapan kalian menjadi tidak harmonis dan akan memicu pertengkaran.

Itulah beberapa hal yang harus kalain terapakan jika ingin berumah tangga. Rumah tangga yang awet adalah rumah tangga yang saling menghargai satu sama lain. Tentu kamu dan dia ingin membangun rumah tangga untuk selamanya. Perceraian akan berdampak besar bagi anak, baik itu secara psikologis dan masa depan nya.