Jenis Pupuk Kelapa Sawit Terbaik

Posted on

Tanaman kelapa sawit sedang menjadi trend di industri perkebunan beberapa tahun belakangan ini. Untuk mendapatkan hasil yang baik, petani menggunakan pupuk kelapa sawit terbaik yang mampu memenuhi segala kebutuhan nutrisi tanaman tersebut. Kebutuhan nutrisi untuk tanaman biasanya didapatkan dari tanah. Tetapi sayang sekali tidak semua lahan mampu memberikan nutrisi yang cukup untuk menunjang perkembangan tanaman. Oleh karena itu, dibutuhkan pupuk sebagai pelengkap.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, tanaman kelapa sawit semakin banyak yang menanam. Para petani sudah pasti ingin mendapatkan keuntungan dari apa yang ditanam. Cara untuk mendapatkan keuntungan adalah dengan cara menghasilkan hasil panen buah kelapa sawit yang banyak dan berkualitas tentunya. Kualitas dan kuantitas hasil panen ditentukan dari asupan yang diterima tanaman. Oleh karena itu, penggunaan pupuk kelapa sawit terbaik adalah sebuah keharusan. Tentu saja untuk mendapatkan pupuk yang cocok petani harus tahu jenis pupuk kelapa sawit terlebih dahulu. Berikut ini adalah pupuk yang bisa digunakan.

Bibit Sawit
Tanaman Sawit

1. Pupuk Organik

Jenis pupuk yang satu ini adalah pupuk alami yang tidak menggunakan zat kimia. Saat memilih pupuk organik, pilihlah pupuk yang benar-benar berkualitas. Anda bisa meminta saran kepada orang yang telah terlebih dahulu menanam sawit atau berkonsultasi dengan pakar pertanian atau perkebunan. Saat menggunakan pupuk organik yang bagus, pupuk ini bisa memberi dampak pada hasil panen. Buah kelapa sawit bisa dimaksimalkan saat akan panen hingga dua kali lipat.

2. Pupuk Anorganik

Berbeda dengan pupuk organik, pupuk anorganik adalah pupuk buatan. Saat akan memilih pupuk anorganik, perhatikan terlebih dahulu kandungan pupuk tersebut. Kelapa sawit pada umumnya memerlukan pupuk urea, KCI, borax, dan SP-36. Masing-masing pupuk tersebut memiliki takaran dosis yang berbeda untuk kelapa sawit sesuai dengan umur tanaman. Jumlah pemberiannya pun berbeda juga.

3. Pupuk campuran

Jenis pupuk terakhir adalah pupuk campuran. Pupuk campuran merupakan pupuk yang menggabungkan pupuk organik dan anorganik. Pupuk jenis ini bisa mengurangi pengeluaran tetapi dapat memaksimalkan hasil.

Untuk hasil panen maksimal, para petani memang membutuhkan pupuk kelapa sawit terbaik. Semoga ulasan ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.