Inilah Beberapa Biaya Yang Harus Pria Persiapkan Ketika Ingin Menuju Ke Pernikahan

Posted on


Mencari jodoh memang tidak mudah. Apalagi jodoh yang sesuai dengan keinginan kita sendiri. Jika mempunyai kriteria pastinya ingin canti, pintar dan mempunyai sifat keibuan. Menikah memang sudah menjadi kodrat sebagai manusia untuk melakukan hal tersebut. Sebagai manusia menikah merupakan momen yang sangat ditunggu ketik sudah masuk usia remaja. Ada beberapa orang menikah itu hal yang sangat sulit dan bagi beberapa orang menikah hal yang mudah. Bagi yang sudah mapan mencari calon istri terbilang sangat mudah karena satu hal yang sudah terpenuhi ketika ingin berkeluarga. Seseorang yang sudah mapan pastinya akan menjadi mantu idaman dan yang pasti akan dicari oleh orang tua. Sebelum kamu berpacaran pastinya sebagai lelaki kamu akan bertemu kleuraganya. Hal yang pertama ditanyakan pastinya mengenai pekerjaanmu dan kemudian keluargamu. Kemapanan pada seorang seperti menjadi syarat utama untuk meminang seorang perempuan. Maka, dibutuhkan menabung dimasa depan.

Hal yang menghambat seseorang untuk menikah adalah biaya. Hal ini dikarenakan di indonesia menikah tidak hanya soal mengucapkan kalimat ijab qabul tetapi harus memenuhi syarat yaitu mapan. Banyak orang tua putrinya tidak mau mendapatkan seorang lelaki yang tidak bertanggung jawab dan malas dalam mencari nafkah. Mapan adalah hal yang pertama membuatmu diterima di keluarga calon istri. Sebagai orang tua tentu ingin anakanya mendapatkan lelaki yang bisa membahagiakan anaknya dengan cara menafkahinya lahir dan batin. Biaya hidup yang semakin bertambah membauat seseorang berpikir dua kali untuk melanjutkan ke jenjang tersebut. Nah, ketika ingin menuju ke tahap yang lebih serius yaitu menikah. Hal ini tidak mesti dilakukan karena tidak semua orang indonesia melakukan hal ini. Tapi kebanyakan budaya indonesia banyak melakukan hal ini. Ada beberapa hal yang harus pria siapkan. Yuk lihat apa saja itu.

1. Butuh biaya untuk melakukan proses lamaran


Melakukan proses lamaran tentunya membutuhkan biaya. Biaya tersebut tergantung jarak yang akan ditempuh oleh keluarga sang pria ke keluarga sang wanita. Jika menempuh jarak yang dekat maka uang yang akan dikeluarkan tidak terlalu banyak. Yang terpenting dalam proses lamaran atau tunangan kamu harus mempersiapakn cincin tunangan. Hal ini tidak semestinya dilakukan. Jika proses lamaran ini dilakukan dengan cara biasa saja pastinya tidak akan mengeluarkan uang banyak tetapi sebaliknya jika dibuat sangat istimewa. Proses lamaran ini biasanya hanya di datangi oleh keluarga dekat dan sahabat saja.

2. Mahar atau Mas Kawin karena memang harus ada


Dalam mempersiapakan mahar ini biasanya ada kesepakatan antar kedua keluarga. Mahar tersebut tergantung adat yang diapakai. Biasanya mahar mengikuti dari pihak perempuan. Ada yang meminta mahar yang sederhana dan ada pula meminta mahar yang sudah menjadi adat mereka dari dulu. Jadi, sebelum menuju ke pernikahan kamu harus tahu dahulu seperti apa adat yang di miliki oleh calon pengantin wanitamu. Jangan sampai kamu kaget ketika dimintai mahar karena kamu tidak paham tentang adat dan budaya mereka. Pada setiap daerah mahar yang diminta tentu berbeda-beda karena budaya dan adat di indonesia sangat banyak ragamnya.

3. Cincin kawin sebagai tanda cinta kalian


Sebelum kamu membeli cincin kawin, kamu harus mempersipkan uang terlebih dahulu. Harga cincin tergantung dari bahan yang akan kamu pesan bersama pasanganmu. Setelah menentukan bahan yang kamu pilih, kamu harus menentukan model cincin kawin seperti apa yang kamu inginkan. Memilih cicnin simple, yang banyak permata atau kamu bisa request jika kamu punya desain sendiri.

Masih banyak lagi yang harus dipersiapkan. Itulah beberapa biaya yang harus dipersiapkan terlebih dahulu oleh seorang pria jika ingin menuju ke pernikahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *