Cara Membuat Tusuk Sate

Ide Bisnis Rumahan : Cara Membuat Tusuk Sate untuk Usaha Sate Ayam

Posted on

Cara Membuat Tusuk Sate | Sate adalah salah satu makanan terpopuler di Indonesia. Biasanya sate terbuat dari daging ayam, kambing atau sapi. Namun saat ini sate dibuatdari berbagai bahan. Seperti sate telur, sate jamur, sate bakso ( populer dengan nama bakso bakar ).

Usaha sate sangat terbuka lebar dan menjanjikan. Karena penggemar sate ini bisa dibilang sangat banyak dan merata. Mulai dari anak – anak hingga dewasa.

 

Untuk melancarkan usaha sate bayak hal yang perlu diperhatikan, seperti bahan sate yaitu daging, bumbu dan lontong. Selain itu juga yang perlu diperhatikan kualitas tusuk sate, arang, tempat sajian dan masih banyak lagi.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat tusuk sate yang berkualitas. Sehingga menghasilkan sate yang aman dimakan dan sate anda laris di pasaran.

Cara Membuat Tusuk Sate

Cara Membuat Tusuk Sate

Tusuk sate adalah salah – satu elemen dalam usaha sate. Benda ini berfungsi sebagai tempat daging dipasang. Juga sebagai penyangga sate pada saat dibakar.

Tusuk sate yang aman dan bersih akan menjadi faktor pembeli berlangganan di tempat anda. Coba bayangkan jika tusuk sate yang anda gunakan berwarna gelap dan tidak aman hingga melukai kulit. Apa pembeli mau mampir di tempat Anda berjualan?

Bahan untuk Membuat Tusuk Sate

Tusuk sate berkualitas tidak akan mudah patah dan tidak mudah terbakar. Untuk membuat tusuk sate berkualitas siapkan bahan – bahan pembuat tusuk sate berikut ini.

  • Gergaji
  • Bambu
  • Golok
  • Pisau

Jika semua bahan sudah siap pakai maka kita lanjutkan ke langkah – langkah dan cara membuat tusuk sate.

Langkah – Langkah dan Cara Membuat Tusuk Sate

Pastikan bambu yang digunakan bukan bambu yang mudah rapuh atau patah. Gunakan bambu yang kuat. Karena akan mempengaruhi kualitas tusuk sate yang akan Anda buat.

Berikut ini adalah langkah – langkah membuat tusuk sate yang berkualitas.

  1. Bambu dipotong dengan ukuran sesuai keinginan anda dengan gergaji.
  2. Langkah berikutnya adalah membuat bambu menyerupai bentuk lidi. Disini alat yang digunakan adalah golok.
  3. Serut pinggir tusuk sate dengan pisau. Agar aman pada saat dipegang.
  4. Selanjutnya buat runcing di ujung tusuk sate menggunakan pisau. Ditujukan agar daging yang akan ditancapkan mudah ditusuk.
  5. Setelah tusuk sate anda bisa menghaluskan kembali dengan pisau dan menjemur tusuk sate agar kuat.
  6. Tusuk sate sudah jadi dan siap dipakai.

Begitu mudah kan cara membuat tusuk sate dengan cara manual ini. Jika Anda adalah seorang pengusaha sate yang membutuhkan banyak sekali tusuk sate dalam waktu yang singkat dapat menggunakan alat.

Mesin tusuk sate, ini adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan tusuk sate yang aman dipakai dan efisien dalam pembuatannya.

Selain itu pembakaran tusuk sate biasanya menyebabkan tusuk sate mudah patah karena terbakar. Anda dapat menggunakan arang yang terbuat dari batok kelapa. Arang ini panasnya merata dan dihasilkan dari daur ulang batok kelapa.

Arang dari batok kelapa dibuat dari batok kelapa kering yang diproses menggunakan mesin briket batok kelapa.

Demikian ulasan dan panduan kami bagaimana cara membuat tusuk sate sendiri untuk usaha sate Anda. Selamat mencoba. Semoga sukses!