Keunggulan Dan Kelebihan Menggunakan Atap Baja Ringan

Posted on

Atap baja ringan adalah sebuah inovasi yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat luas, karena memang penggunaan atap baja ringan terbilang cukup praktis sehingga lebih menghemat waktu dan juga tenaga dalam hal pemasangannya. Dikatakan sebagai sebuah inovasi karena memang di tahun-tahun sebelumnya orang tidak akan berfikir bahwa nantinya baja yang memiliki bobot cukup berat bisa diletakkan pada bagian paling atas dari sebuah bangunan. Namun kini semua itu menjadi sangat mungkin dan masuk akal karena atap baja ringan justru jauh lebih ringan dibandingkan dengan material rangka lainnya seperti kayu. Dari segi kekuatan, rangka atap baja ringan tidak akan mengecewakan karena terbukti mampu menahan berat yang terukur.

Atap Baja Ringan

Salah satu keunggulan dari atap baja ringan adalah pemasangannya yang cepat dan praktis, asalkan dilakukan dengan benar. Sebab jika terjadi satu saja kesalahan saat pemasangan atap baja ringan ini maka mau tidak mau anda harus membongkarnya dari awal untuk perbaikan, oleh sebab itu dalam hal pemasangan atap baja ringan ini perlu dilakukan oleh mereka yang berpengalaman dibidangnya. Disamping memiliki keunggulan di bidang pemasangan yang cepat dan mudah, atap baja ringan juga terbilang ekonomis sehingga banyak dipilih oleh para pemborong ataupun individu yang sedang ingin membangun rumah dengan nilai ekonomis yang tinggi.

Mengingat bahwa baja adalah material yang tidak mudah terbakar tentu saja penggunaan atap baja ringan akan membuat anda merasa tidak terlalu khawatir jika terjadi kebakaran apalagi untuk jenis perumahan yang letaknya saling berdekatan di mana sangat rentan terjadi perembetan kebakaran akibat korsleting ataupun human error, sangat berbeda jika Anda menggunakan atap dari material kayu yang memang tergolong cepat terbakar.

Disamping kelebihan-kelebihan tersebut di atas atap baja ringan tentu memiliki sisi kekurangan diantaranya adalah tampilan dari atap baja ringan yang terlihat kurang rapi sehingga sangat diperlukan plafon untuk menutupinya. Disamping itu udara di dalam ruangan rumah minimalis anda juga cenderung terasa panas karena atap baja ringan ini tidak bisa menyerap panas matahari.